Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

Pupuk Durian Nasa Agar Tidak Rontok

Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat – Durian ialah nama tumbuhan tropik yang datang dari Asia Tenggara, sekaligus juga nama buahnya yang dapat dikonsumsi. Nama ini diambil dari keunikan kulit buahnya yang keras serta berlekuk-lekuk tajam hingga mirip duri. Variasi namanya yang popular ialah duren. Orang Sunda mengatakan kadu. Sebenarnya, tumbuhan dengan nama ini bukan spesies tunggal tapi sekumpulan tumbuhan dari marga (genus) Durio.

"Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat"

 Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

Akan tetapi biasanya, yang disebut dengan durian biasa (tiada imbuhan apa-apa) ialah yang mempunyai nama ilmiah Durio zibethinus.

Sedang beberapa jenis durian lainnya yang bisa dikonsumsi serta terkadang diketemukan di market ditempat di Asia Tenggara salah satunya D. kutejensis (lai), D. oxleyanus (kerantungan), D. graveolens (durian kura-kura atau kekura), dan D. dulcis (lahung). Setelah itu rincian durian berikut ini merujuk pada Durio zibethinus.

Klasifikasi

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Membuahkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Bombaceae
Genus: Durio
Spesies: Durio zibethinus Murr

Morfologi Tanaman Durian

Durian tumbuh berbentuk pohon, Batang jelas tampak, berkayu (lignosus), berupa silindris. Arah tumbuh batang tegak lurus dengan percabangan monopodial. Arah tumbuh cabang cenderung keatas serta ada juga yang mendatar. Pepagan (kulit batang) berwarna coklat, terkelupas tidak teratur.

Daun (folium) Termasuk daun tunggal yang tidak komplet. Dalam satu daun tidak komplet terdiri atas bagian-bagian yakni:
Tangkai daun (petiolus)
Helaian daun (lamina).

Kandungan Tanaman Durian

Buah durian memiliki kandungan vitamin B1, B2 serta vitamin C. Kulit durian memiliki kandungan minyak atsiri, flavonoid, saponin, unsur selulosa, lignin, dan kandungan pati. Daunnya memiliki kandungan saponin, flavonoid serta polifenol, sedang akarnya memiliki kandungan tannin (Anonim, 2010).

Manfaat Tanaman Durian

Daun serta akar durian bermanfaat menjadi antipiretik serta daun durian yang dihancurkan juga dapat dipakai untuk pasien yang demam yakni lewat cara ditempatkan diatas dahi. Buat orang yang memiliki desakan darah tinggi

Sekarang ini, pekerjaan usaha budidaya durian bisa menghadirkan keuntungan yang cukuplah mengundang selera sebab keinginan serta harga buah durian makin bertambah dari sekian waktu. Perihal ini jadikan Budidaya Durian jadi satu usaha agribisnis dengan prospek yang bagus.

PT Natural Nusantara (NASA) berusaha menolong beberapa petani durian tanah air dengan mendatangkan tehnik budidaya durian yang pas, hingga sangat mungkin terjadinya penambahan hasil dengan Jumlah, Kualitas dengan masih mengawasi Kelestraian Lingkungan (K-3). Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat produksi Pt Nasa sangat efisien dan hasilnya sudah terbukti.

SYARAT PERTUMBUHAN

Tanaman durian bisa tumbuh optimal pada ketinggian 50-6020 mdpl, dengan intensitas sinar 40-50%, dengan suhu lingkungan 22-30ºC, serta dengan curah hujan yang baik seputar 1.500-2.500 mm per tahun. Tanah yang baik untuk tanaman durian ialah tanah lempung berpasir subur serta mempunyai banyak kandungan bahan organik dengan pH 6-7. Pertumbuhan juga bisa dibantu dengan Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

PEMBIBITAN

Pilih bibit tanaman yang subur, fresh, sehat, daun banyak, batang kuat, bebas penyakit serta hama, mempunyai cabang 2-4 arah serta ada tunas baru.

PERSIAPAN LAHAN

Pembukaan tempat semestinya dikerjakan pada musim kemarau. Tempat yang akan dipakai untuk budidaya dibikin bersih dari gulma, alang-alang dan tanaman keras yang bisa mengganggu masuknya cahaya matahari. Buat aliran pembuangan air pada tempat, bila tempat miring dibuatkan terasering.

JARAK TANAM

Jarak tanam yang umum dipakai memiliki ukuran 8 x 12 m atau 10 x 10 m

TANAMAN PELINDUNG

Budidaya buah durian dengan taraf besar serta luas yang ada dalam tempat terbuka begitu dibutuhkan tanaman pelindung, seperti turi, lamtoro, gamal, pepaya, atau sengon. Tanaman pelindung ditanam sesudah penyiapan tempat.

LUBANG TANAM

Buat lubang tanam dengan ukuran 50cm2. Pisahkan tanah sisi atas serta sisi bawah lantas biarlah saat kira-kira 2 minggu. Tanah sisi atas lalu digabung dengan pupuk kandang masak 20 kg + 5 gr Alami GLIO + 10 kg Dolomit aduk sampai rata menjadi alat tanam. Lantas masukan kombinasi itu ke lubang tanam serta biarlah 1 minggu sebelum bibit ditanam.

PENANAMAN

Penanaman semestinya dikerjakan waktu awal musim hujan. Gali lubang tanam yang berisi kombinasi alat tanam sesuai dengan ukuran bibit. Mengambil bibit dengan berhati-hati supaya akarnya tIdak rusak lalu tanam bibit hanya leher akar tiada menyertakan batangnya. Lantas siramkan air seperlunya. Supaya lebih maksimal imbuhkan pupuk organik SUPERNASA dengan dosis 1 botol untuk kira-kira 200 tanaman. 1 botol SUPERNASA dicampurkan ke 2 liter (2.000 ml) air untuk jadikan larutan induk. Tiap-tiap 1 liter air dikasih 10 ml larutan induk lantas siramkan ke tiap-tiap pohon atau lewat cara siramkan 1 sendok makan SUPERNASA per 10 liter air per pohon.

PENGAIRAN

Pengairan dikerjakan semenjak awal penanaman sampai tanaman berproduksi. Tapi pada saat berbunga, penyiraman semestinya dikurangi. Penyiraman dikerjakan saat pagi hari.

PEMANGKASAN

Pemangkasan dikerjakan pada tunas-tunas air, cabang atau ranting yang tidak terserang cahaya matahari, tumbuhnya tidak normal, mati atau diserang hama penyakit. Pucuk tanaman dipangkas saat tinggi tanaman sampai ketinggian seputar 4 – 5 m.

Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

  • Usia tanaman 1-3 tahun, memakai pupuk kandang 30-50 kg/ha, NPK 0,5-1 kg/ha, frekwensi 3-4 kali per tahun
  • Usia tanaman 4-6 tahun, memakai pupuk kandang 75-150 kg, NPK 1,5-2,5 kg/ha, frekwensi 2-3 kali per tahun
  •  Tanaman 15-10 tahun, memakai pupuk kandang 200-300 kg/ha, NPK 3-5 kg/ha, frekwensi 1-2 kali per tahun
  • Pemupukan semenjak awal perkembangan sampai tahun ke-3 memakai pupuk NPK dengan kandungan N tinggi. Pemupukan pupuk kandang dikerjakan satu tahun sekali pada awal musim kemarau atau akhir musim hujan. Sedang pemupukan yang memakai pupuk Makro dikerjakan sesuai dengan usia tanaman lewat cara menaburkan melingkar sesuai dengan lebar pendeknya judul tanaman.

Dengan menggunakan Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat dengan cara disiramkan SUPERNASA (saat usia tanaman 0-3 thn) serta POWER NUTRITION (saat tanaman berusia di atas 3 thn) lewat cara seperti diatas. Penyemprotan 3-4 tutup POC NASA ditambah 1 tutup HORMONIK per tangki, dikerjakan tiap-tiap 1-2 bulan saat tanaman masih tetap bisa dijangkau alat semprot.

Baca juga : Pupuk karet yang bagus

PEMBUAHAN DI LUAR MUSIM

Langkah mengendalikan pembungaan tiap-tiap pohon durian per blok, yakni :

Bila ingin panen pada bulan Agustus – November, jadi pada bulan Maret tanaman pada blok dikasih pupuk 1,5-2 kg NPK + 1 sendok makan Power Nutrition per 10 liter air per pohon. Diluar itu seputar 3 bulan awal mulanya tanah penanaman mesti dikeringkan. Jika waktu pengeringan turun hujan, tanah ruang budidaya dalam radius 5-7 mtr. dikasih mulsa serta dibuatkan aliran pembuangan air. Tanaman dikasih pupuk NPK dosis 0,5 – 1 kg per tanaman sesudah bunga durian mekar serta jadi buah. Salah satu kelebihan dari Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

PENYERBUKAN

Bunga durian yang mekar tidak semua jadi buah, sebab bunga mekar pada sore sampai malam hari hingga sedikit serangga penyerbuk. Pemicu lainnya bunga durian tidak jadi buah, sebab tidak semua bunga durian muncul dengan bertepatan walau sebenarnya penyerbukan akan sukses bila serbuk sari serta kepala putik masak dengan bertepatan. Oleh karenanya, butuh dikerjakan penyerbukan bikinan. Triknya yaitu dengan menyapukan kuas halus pada bunga mekar saat malam hari. Untuk mengoptimalkan jumlah serta kualitas, semestinya pada sebuah ruang penanaman bukan sekedar satu varietas durian, tapi digabung dengan varietas yang lainnya.

PERAWATAN BUAH

Penyeleksian dikerjakan saat buah sudah berdiameter 5 cm. Pada sebuah pohon, sisakan dua buah terunggul dengan jarak seputar 30 cm pada buah satu dengan yang lainnya. Pada budidaya durian, tanaman durian yang baru pertama-tama berbuah dijaga satu atau dua butir buah. Untuk menahan kerontokan buah, beri pupuk makro NPK 0,5-1 kg/pohon ditambah POWER NUTRITION 1 botol untuk 30-50 pohon. Power Nutrition merupakan Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

Berikut video tentang Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Penggerek Batang (Batocera sp , Xyleutes sp.)

Hama ini menyerang lewat cara membuat lubang pada batang, dahan, atau ranting. Mengakibatkan tanaman layu, daun kering, rontok lalu mati. Pengendalian yang bisa dikerjakan yakni lakukan sanitasi kebun, memotong serta menghancurkan batang, dahan, atau ranting yang kronis diserang, serta tutup sisa lubang gerekan dengan kapas yang telah dikasih PESTONA serta POC NASA atau disemprotkan.

Penggerek Buah (Tirathaha sp., Dacus dorsalis)

Tanda-tanda buah jadi busuk berulat serta pada akhirnya rontok. Untuk pengendalian, semprotkan PESTONA atau PENTANA ditambah AERO-810 semenjak awal tanam serta pakai perangkap hama Alami METILAT Lem.

Kutu Putih ( Pseudococus sp.)

Hama kutu putih menyerang lewat cara mengisap cairan tanaman serta bertindak menjadi pembawa penyakit embun jelaga. Tanda-tanda tanaman yang diserang yakni daun jadi keriting, bunga serta buah bisa rontok. Pengendaliannya yakni semprotkan PENTANA atau PESTONA ditambah AERO-810 dengan bergantian.

Ulat Daun (Papilia sp., Setora sp., Lymatria sp.)

Ke-3 type ulat ini menyerang lewat cara mengonsumsi daun, daun jadi berlubang serta rusak. Pengendalian yang bisa dikerjakan yakni menyemprotkan PESTONA atau PENTANA ditambah AERO 810. Semprotkan dengan bergantian.

Penyakit Kanker Batang (Phytophthora palmivora)

Ada luka pada tanaman yang diserang yang keluarkan lendir berwarna merah pada kulit batang sisi bawah dekat dengan tanah. Sesudah batang tanaman membusuk, pucuk-pucuk tanaman akan jadi kering, daun layu serta rontok, pada akhirnya tanaman jadi mati. Kerjakan pengendalian ini dengan melakukan perbaikan sanitasi kebun, melebarkan jarak tanam, bersihkan gulma, serta memotong tanaman. Pakai Alami GLIO semenjak awal tanam atau berikan pada batang yang luka lalu tutup dengan parafin, kerok batang diserang sampai warna coklat tidak terlihat lalu semprot PESTONA + POC NASA.

Penyakit Busuk Akar (Jamur Fusarium sp.)

Untuk lihat tanda-tanda ini, sisi batang tanaman mesti dibelah. Di bagian korteks akan tampak warna coklat. Di bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat. Bila diketemukan tanda-tanda itu, tanaman selekasnya dihilangkan serta dibakar. Sisa lubang tanam diberi Alami GLIO serta kapur. Skema drainase pada tempat pun diperbaiki untuk menahan persebaran penyakit. Pakai Alami GLIO semenjak awal tanam menjadi usaha mencegah.

Penyakit Bercak Daun (Jamur Colletotrichum sp.)

Ada bercak-bercak besar serta kering pada daun mengakibatkan daun berlubang. Daun yang diserang semestinya dipotong serta dibuang. Terapkan Alami GLIO serta POC NASA. Menjadi mencegah, pakai fungisida memiliki bahan aktif tembaga.

Penyakit Jamur Upas (pink disease)

Tanaman yang diserang akan keluarkan cairan kuning di bagian batang, diselimuti dengan benang-benang jamur berwarna mengkilat seperti laba-laba. Batang yang diserang bisa mati. Untuk menahan penyakit supaya tidak menebar luas, potong sisi yang diserang, kurangi kelembapan, serta berikan Alami GLIO ditambah POC NASA di bagian diserang.

Penyakit Akar Putih (Jamur Rigodoporus lignosus)

Daun kuning lalu coklat sebelum pada akhirnya mengerut serta gugur. Buang semua tanaman inang dari area kebun, pakai Alami GLIO menjadi mencegah.

Penyakit Busuk Buah (Jamur Phytophthora sp.)

Ada bercak-bercak basah berwarna coklat kehitaman pada kulit buah,. Buah lalu membusuk serta tercipta miselium serta sporangia berwarna putih di bagian yang diserang. Untuk menahan penyakit busuk buah, pakai Alami GLIO sebelum tanam.

Catatan : Bila pengendalian hama serta penyakit dengan pestisida alami belumlah menangani, menjadi alternative paling akhir dapat dipakai pestisida kimia yang disarankan. Supaya penyemprotan lebih rata serta tidak gampang hilang oleh air hujan imbuhkan Perekat Perata Pembasah AERO-810 dosis 0,5 tutup botol per tangki

PANEN BUAH DURIAN

Durian type monthong bisa dipanen seputar 125 – 135 hari sesudah bunga mekar. Durian type Chanee bisa dipanen seputar 110 – 116 hari sesudah bunga mekar. Buah durian sudah sampai tingkat kematangan prima 4 bulan sesudah bunga mekar. Langkah panen dengan menuai atau memotong tangkai buah dekat pangkal batang memakai pisau. Upayakan jangan pernah buah durian terjatuh sebab bisa turunkan kualitas buah.

Penggunaan pupuk organik yang pas serta tehnik budidaya yang benar, beberapa petani bisa berkesempatan besar untuk sampai hasil panen yang optimal. Demikian rincian tentang Tehnik Budidaya Durian dengan Paket Pupuk Organik NASA. Mudah-mudahan berguna.

Demikian artikel tentang Pupuk Durian Agar Cepat Berbuah Lebat semoga bermanfaat.

Untuk konsultasi dan pemesanan produk dapat menghubungi via telpon atau whatsapp 081212185704

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *